BP2MI Tetapkan Kota Kotamobagu Daerah Ketiga Perayaan Migrant Day 

221
Hendra Makalalag.

ZONA KOTAMOBAGU — Setelah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, kini Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melanjutkan momentum peringatan Hari Pekerja Migran Internasional (HPMI) di kota ketiga yakni Kota Kotamobagu Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut BP2MI Sulut Hendra Makalalag, Kotamobagu salah satu daerah dari lima kota yang ditetapkan BP2MI Pusat untuk peringatan Migrant Day.

“Kota Kotamobagu merupakan kota ketiga touring BP2MI Pusat peringatan HPMI,” ujar Hendra, Jumat 9 Desember 2022.

Perayaan Migrant Day mengambil tema Pekerja Migran Bermartabat, Negara Berdaulat.

Hendra mengatakan, HPMI adalah pesta bagi para pahlawan devisa.

Hari Buruh Migran Internasional, atau disebut juga Migrant Day sendiri adalah suatu konvensi yang diselenggarakan pertama kali oleh negara-negara pengirim buruh migran pada tanggal 18 Desember 1990.

Konvensi tersebut katanya, membahas tentang standar, hak-hak, dan pelindungan bagi para pekerja migran di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Hendra membeberkan lima titik provinsi di Indonesia yamg akan menjadi tujuan pelaksanaan HPMI yaitu Medan, Sumatera Utara, Surabaya, Jawa Timur, Indramayu, Jawa Barat, Grobogan, Jawa Tengah, dan Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Rincian kegiatan yang direncanakan pun bervariasi, mulai dari gerak jalan, pagelaran wayang, aerobik, konser musik, door prize, dan sebagainya.

Ia mengucapkan terima kasih atas support dari Pemkot Kotamobagu atas pelaksanaan HPMI yang rencananya akan berlangsung selama dua hari yakni 10-11 Desember. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here