Dibuka Wali Kota Tatong Bara, Lomba IGA Kotamobagu 2023 Resmi Digulir

149

ZONA KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, secara resmi membuka pelaksanaan lomba inovasi daerah atau Innovative Government Award (IGA) tahun 2023, bertempat di aula kantor Bappelitbangda Kotamobagu, Kamis (11/5/2023).

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para tim juri yang terdiri dari Dr Heri Saksono M.Si dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jery Walo S.Sos selaku perwakilan dari Kemendagri RI, serta Eko Hermansyah dari Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Utara, dalam pelaksanaan lomba.

“Tentu kami sangat bersyukur karena dihadiri tim juri yang sangat konsen terhadap inovasi, lebih khusus berkaitan dengan pelaksanaan kepada masyarakat. Terima kasih atas kehadirannya, atas nama pribadi dan pemerintah menyampaikan selamat datang di Kotamobagu dengan sapaan akrab bahasa daerah kami, dega niondon komintan,” ucap Tatong.

Lebih lanjut dikatakan, tolak ukur e-government adalah pelayanan publik yang merupakan satu tantangan pemerintah untuk harus ditingkatkan. Baik di tingkatan pemerintah kota hingga ke pemerintahan desa dan kelurahan.

“Beberapa tahun belakangan, Pemkot Kotamobagu terus memberikan ruang kepada seluruh masyarakat. Untuk OPD sendiri sudah menjadi suatu kewajiban mengikuti lomba inovasi daerah ini, tapi dengan melibatkan masyarakat tentu menjadi satu hal yang sangat membanggakan sehingga patut kita apresiasi,” ujarnya.

Menurut wali kota, melalui berbagai inovasi baik dari kategori OPD maupun umum yang masuk dalam lomba IGA tentunya akan menjadi sumbangsih besar bagi pemerintah daerah terutama dalam hal peningkatan pelayanan publik.

“Selamat berkompetisi kepada seluruh peserta baik perangkat OPD, swasta maupun masyarakat. Apa yang telah dibangun pemerintah dalam perhelatan ini, tentu merupakan hal positif dan patut diapresiasi dan insyaallah sumbangsih ini tidak lain tujuannya selain bagaimana menjadikan Kotamobagu menjadi daerah dengan pelayanan publik terbaik,” tuturnya.

Dikatakannya, pelaksanaan IGA tersebut, juga turut meningkatkan posisi Pemkot Kotamobagu terkait pelayanan publik sehingga masuk sebagai salah satu daerah yang dinilai sangat inovatif.

Lanjutnya, pemerintah pusat ingin semua daerah bergairah untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Bahkan, mengingat pentingnya kegiatan dalam rangka peningkatan pelayanan publik ini, pemerintah menyiapkan insentif bagi daerah yang capaiannya terbaik.

“Olehnya ada dua manfaat yang bisa kita peroleh lewat kegiatan ini, yakni untuk mempermudah pelayanan publik dan menambah pendapatan daerah. Olehnya kepada para peserta lomba saya mengimbau untuk mengikuti dengan seksama terutama pemaparan dari para juri berkaitan dengan apa yang harus dibenahi untuk memaksimalkan pelayanan publik dan insyaallah hasil kerja kita bisa diapresiasi pemerintah pusat,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta, para Asisten, pimpinan OPD, Camat, Lurah/Sangadi, serta para peserta lomba. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here