Permudah Masyarakat, Kapolres Kotamobagu Resmikan Lintasan Baru Ujian Praktik SIM C

132

ZONA KOTAMOBAGU – Dalam upaya untuk mempermudah proses pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi masyarakat, Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi SIK, meresmikan lintasan ujian praktik baru untuk SIM tipe C.

Kegiatan peresmian ini berlangsung di lapangan uji praktik SIM Satuan Lalu Lintas Polres Kotamobagu, Selasa, 15 Agustus 2023.

Perubahan layout lintasan ujian praktik SIM C ini berdasarkan instruksi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Kapolres Kotamobagu menjelaskan bahwa lintasan ujian praktik SIM C yang dulunya berbentuk angka 8 dan zig-zag, kini diubah menjadi lintasan berbentuk huruf S.

“Ini untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan SIM C,” kata Kapolres kepada media.

“Perubahan ini diharapkan akan mempermudah dan memperjelas proses ujian praktik SIM C, serta membantu masyarakat lebih siap dan memahami aturan lalu lintas,” sambungnya.

Selain ujian praktik, Kapolres juga menekankan pentingnya tes tertulis dalam proses pengurusan SIM. Menurutnya, pemegang SIM harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang peraturan lalu lintas dan rambu-rambu jalan, demi meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara.

Kapolres berharap bahwa lintasan baru ini akan mendorong masyarakat untuk memperoleh SIM secara jujur dan tidak melalui jasa calo.

“Dengan lintasan baru ini, kami berharap akan ada peningkatan dalam permintaan untuk membuat SIM,” tambahnya.

Setelah peresmian, dilakukan simulasi ujian praktik oleh masyarakat yakni Yunita Datalamon. Yunita mengatakan bahwa lintasan ujian praktik SIM yang baru lebih realistis dan tidak lagi membingungkan seperti lintasan zigzag dan angka 8 sebelumnya.

“Rute yang lama dengan zigzag dan angka delapan memang tidak mencerminkan jalan sebenarnya. Lintasan baru ini lebih sesuai dengan jalan-jalan umum,” ungkapnya.

Yunita menekankan bahwa menjaga keseimbangan saat berkendara merupakan kunci penting ketika melewati lintasan ujian praktik SIM. Selain itu, latihan yang rajin dengan menghafal lintasan akan membantu calon pemegang SIM.

Kasat Lantas AKP Shirley B. Mangelep SH, M.Hum menjelaskan bahwa lintasan ujian praktik SIM C yang dulunya berpola zigzag dan angka 8 kini diubah menjadi lintasan lurus dan belokan mirip huruf S.

“Lebar lintasan juga ditingkatkan dari 120 cm menjadi sekitar 160 cm, sesuai dengan arahan Kapolri,” ujar Kasat Lantas.

Kegiatan peresmian lintasan baru ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Kabag Ops Kompol Luther Tadung, Kasat Lantas AKP Shirley B. Mangelep SH, M.Hum, serta beberapa perwira dari Satlantas Polres Kotamobagu. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here