Rehabilitasi Gedung PWI Sulut, PWI Pusat Apresiasi OD-SK

104

ZONA SULUT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan penuh rasa terima kasih mengapresiasi Gubernur Olly Dondokambey, SE, dan Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw (OD-SK) atas upaya mereka dalam memperjuangkan rehabilitasi Gedung PWI Sulut melalui APBD 2023.

Gedung ini mengalami kerusakan akibat kebakaran pada tahun 2021 dan sekarang sedang menjalani proses renovasi.

Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw karena telah berperan sebagai penasehat PWI Sulut dalam upaya rehabilitasi Gedung PWI yang penting ini.

Hal ini diungkapkannya saat mengutip pernyataan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, di Manado pada Kamis, 31 September.

“Tentu saya menyampaikan apresiasi kepada penasehat PWI Sulut Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw selaku penasehat PWI Sulut yang memperjuangkan Gedung PWI Sulut yang terbakar sekarang ini sedang dalam tahap renovasi,” kata Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan mengutip kalimat Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Voucke juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah provinsi Sulawesi Utara dan PWI sebagai lembaga pers dalam menjalankan tugas kontrol sosial.

“Dengan direhabilitasinya Gedung PWI Sulut, para anggota dan pengurus PWI Sulut akan memiliki kantor sekretariat yang layak huni,” tuturnya.

Menurut informasi, Gedung PWI Sulut sebelumnya memiliki tiga lantai, namun setelah kebakaran, hanya tinggal dua lantai yang dapat direhabilitasi.

Meskipun demikian, pengurus PWI Sulut berharap bisa mulai berkantor di Gedung PWI ini pada tahun 2023.

“Gubernur Olly Dondokambey pernah menyatakan saat Rakerda PWI se-Sulut pada September 2022 bahwa Kantor PWI Sulut tidak layak huni. Beliau berjanji untuk membangun kantor yang nyaman bagi pengurus dan anggota PWI, dan janji tersebut disambut dengan aplaus oleh peserta Rakerda,” ujar Voucke.

“Rehabilitasi Gedung PWI Sulut dibangun dengan anggaran sekitar Rp 1,3 miliar yang dialokasikan melalui Dinas Pekerjaan Umum,” sambungnya.

Voucke juga mengungkapkan terima kasih kepada instansi teknis Dinas Pekerjaan Umum Sulut yang telah mengawasi proyek rehabilitasi ini untuk memastikan sesuai jadwal.

Voucke berharap bahwa Gedung PWI Sulut, setelah selesai direhabilitasi, akan menjadi salah satu ikon gedung lembaga pers tercantik di Indonesia.

Sebagai contoh, ia merujuk pada peresmian Gedung PWI Sulawesi Selatan yang diubah dari bangunan rumah tiga lantai menjadi kantor PWI dengan dana hibah Rp5 miliar dari Pemprov Sulawesi Selatan. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here