Besok, Perayaan Hari Raya Binarundak di Motoboi Besar

0
292
Besok, Perayaan Hari Raya Binarundak di Motoboi Besar Kotamobagu
Proses pembakaran Binarundak di Kelurahan Motoboi Besar.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah dan masyarakat Kelurahan Motoboi Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur, menyiapkan 2.050 kilo gram (Kg) beras ketan untuk dibuat Binarundak (nasi bambu) pada perayaan Hari Raya Binrundak tahun ini yang akan dilaksanakan Senin (18/6). Hal ini diutarakan Lurah Motoboi Besar, Zulfan Pombaile.

Menurutnya, beras ketan yang menjadi bahan dasar pembuatan Binarundak itu bersumber dari bantuan Pemerintah Kota (Pemkot) serta partisipasi masyarakat setempat. “Itu (beras ketan) dibagi di empat lingkungan, karena ditiap lingkungan disiapkan satu lokasi perayaan. Insya allah besok (hari ini, red) walikota hadir dan akan mengunjungi empat titik lokasi perayaan,” katanya.

Ia mengungkapkan, perayaan hari raya binarundak merupakan tradisi yang sudah puluhan tahun dilaksanakan masyarakat setempat di tiga hari setelah Hari Raya Idul Fitri. “Ini sudah jadi tradisi di sini. Setiap tahunnya selalu dilaksanakan kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, perayaan hari raya binarundak itu merupakan ajang silaturahmi antar sesama masyarakat. “Ini terbuka untuk umum. Itu artinya, siapa saja masyarakat bisa hadir dan merayakan bersama. Selain di empat lokasi yang disiapkan itu, di rumah-ruma warga juga ada,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here