Pemkot Cari Terobosan Kembangkan Kopi Organik

590

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar workshop aktualisasi penguatan Sistem Inovasi Daerah (SiDa), Senin (4/12). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan visi misi pemerintah daerah guna mengembangkan kopi organik sebagai salah satu produk unggulan daerah, secara efektif dan efisien dengan target meningkatkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

Asisten II, Gunawan Damopolii, mengatakan workshop aktualisasi penguatan SiDa sangat penting menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan daya saing produk unggulan daerah melalui inovasi-inovasi terbaru, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu yang dilakukan adalah mengembangkan kopi organik yang menjadi salah satu produk unggulan daerah,” katanya.

Ia mengungkapkan, kopi organik Kotamobagu sudah tersebar di pasaran dan sudah banyak diminati masyarakat. Oleh karena itu, untuk pengembangannya diperlukan inovasi-inovasi terbaru. “Ini menjadi perhatian pemerintah untuk dikembangkan,” ungkapnya.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Fenty Mifta, mengungkapkan  kopi organik perlu dikembangkan agar bisa memiliki daya saing dengan produk unggulan lainnya. “Untuk mengembangkannya tentu perlu ada inovasi. Itu yang sedang kita lakukan. Melalui kegiatan ini, kita harap ada terobosan baru untuk pengembangan produk unggulan daerah ini,” ungkapnya.

Pada kegiatan itu, Pemkot menghadirkan narasumber dari Badan Litbang Kemendagri serta pusat penelitian komi dan kakao Indonesia. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here