Program Vaksinasi di Boltim Terus Dimaksimalkan

368
Hamdan Korompot.

ZONA BOLTIM – Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus dimaksimalkan. Pelayanan vaksin dilakukan di tiap Puskesmas. Adapun yang menjadi sasaran vaksin adalah tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat umum, anak usia 12-17 tahun serta ibu hamil.

Informasi didapat dari Dinas Kesehatan (Dinkes), sudah ada 12.334 warga yang disuntik vaksin tahap I, 7.017 tahap II dan 108 tahap III.

“Vaksin Covid-19 ini aman dan halal, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk disuntik vaksin,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Hamdan Korompot, Rabu (1/9).

Untuk stok vaksin, ia mengungkapkan hingga 31 Agustus 2021 vaksin jenis Corona Vac yang diterima sebanyak 1.100 vial, telah dipakai 1.098, tidak dapat dipakai dua vial dan tersisa 0. Untuk vaksin jenis Biofarma, diterima 2.276 vial, telah dipakai 1.784 vial dan tersisa 492 vial. Sedangkan untuk vaksin jenis Moderna, diterima 158 vial, telah dipakai 12 dan tersisa 146 vial.

“Ketika habis stok kita usulkan lagi penambahan ke provinsi,” ungkapnya.

Disisi lain, ia mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, Menghindari kerumunan serta Mengurangi mobilitas).

“Kita jangan pernah abai. Tetap patuhi Prokes, karena itu adalah kunci utama mencegah penyebaran Covid-19,” imbaunya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here