Tutup Uji Kompetensi Pejabat, ini Pesan Bupati Sachrul

432
Bupati Sam Sachrul Mamonto memberikan sambutan sekaligus menutup kegiatan uji kompetensi jabatan Pimipinan Tinggi Pratama dilingkup Pemkab Boltim.

ZONA BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, Kamis (30/9) kemarin, resmi menutup kegiatan Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, yang diselenggarakan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) selama dua hari di Hotel Grand Puri Manado.

Sedikitnya 13 orang peserta diuji kemampuan oleh panitia seleksi (pansel) yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Ir Sonny J Warokka PhD.

Bupati Boltim lewat sambutannya mengatakan, bahwa uji kompetensi para calon pejabat perlu dilakukan untuk mengukur kemampuan para calon kepala SKPD. Selain itu kata Bupati, undang-undang juga telah mengatur bahwa untuk melakukan rotasi atau pengisian jabatan eselon II, harus melalui uji kompetensi. Hal ini dilakukan oleh Pemerintah untuk melindungi hak ASN.

“Sehingga tidak ada ASN yang setelah ada Bupati baru, lantas dilempar sana sini apalagi para eselon II. Nantinya para calon pejabat yang lolos dalam uji kompetensi ini, harus bersedia menandatangani pakta integritas dengan Saya. Sebab, ada beberapa poin penting yang harus ditandatangani dan intinya benar-benar tulus dan mau melaksanakan tugas serta tanggung jawab sebagai seorang kepala satuan kerja, mengacu pada visi-misi Pemerintahan SSM-OPPO,” tegas Bupati.

Lanjut Bupati, dirinya tidak mau para pimpinan SKPD hanya diisi oleh ASN yang tujuannya ingin cari muka. Justru Bupati menginginkan agar Kepala SKPD di Boltim ditempati oleh orang-orang yang hebat , mampu, dan ditempatkan di posisi yang benar sesuai dengan kemampuan serta disiplin ilmu masing-masing.

“Sebab kesuksesan Pemerintahan Saya (Bupati, red) dan Pak Wabup tergantung pada Pimpinan SKPD, dan kami menginginkan masa Pemerintahan kami bisa sukses,” terang Bupati.

Bupati meyakinkan kepada peserta bahwa proses pelaksanaan uji kompetensi dilakukan secara Profesional. Sedangkan hasil penilaian dari Pansel akan segera dikirim ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi pelaksanaan pelantikan.

“Siapa saja nanti yang bakal lolos dan menempati posisi jabatan eselon II, pesan saya adalah jaga kejujuran, cintailah daerah Boltim, serta tulus dan ikhlas melayani masyarakat Boltim. Tidak lupa Saya ucapkan banyak terima kasih kepada tim Pansel yang sudah bekerja keras melakukan seleksi ketat kepada para peserta,” tandas Bupati. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here