Boltim Masuk Level 1 Situasi Covid-19, Bupati Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi

280
Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto.

ZONA BOLTIM – Kondisi situasi Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur semakin membaik. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 61 Tahun 2021 dan asesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tanggal 23 November 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Boltim dinyatakan masuk dalam kriteria level 1 situasi Pandemi Covid-19.

Dalam penilaian atau asesmen situasi level 1 Kemenkes RI itu, Boltim dinilai mampu melaksanakan penanganan Covid-19 dengan tingkat penularan yang rendah dan kapasitas respon yang memadai.

“Alhamdulillah, hari ini sesuai instruksi Mendagri, Bolaang Mongondow Timur masuk level 1 situasi pandemi Covid-19,” kata Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, Selasa (23/11).

Lanjut Bupati, masuknya Boltim dalam level 1 situasi pandemi ini adalah berkat kerjasama seluruh masyarakat yang selalu disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan selama PPKM.

“Ini adalah upaya maksimal kita serta kerja sama seluruh komponen masyarakat dan terutama Forkopimda. Kita bekerja ekstra hingga pelaksanaan vaksinasi terus digencarkan sampai pukul 10 malam. Dan hasilnya kita bisa menurunkan level 3 menjadi level 1 saat ini. Tentu ini prestasi yang luar biasa,” ungkap bupati.

Meski sudah masuk level 1, Bupati terus mengimbau dan meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan serta mengajak masyarakat mensukseskan program percepatan vaksinasi dengan mendatangi lokasi pelayanan vaksin yang telah disediakan pemerintah daerah di tiap kecamatan.

“Mudah-mudahan ketika kesadaran masyarakat meningkat tentang pentingnya program vaksinasi, insha Allah Januari 2022 kita sudah berada dalam zona hijau. Artinya capaian vaksinasi sudah sesuai target dan kemudian angka kasus covid-19 sudah nol kasus. Tetap patuhi prokes, jauhi kerumunan dan selalu pakai masker,” harapnya.

Sekadar diketahui, dalam instruksi tersebut Boltim bersama Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kota Kotamobagu masuk kriteria level 1 PPKM. Sementara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado, Kota Bitung dan Kota Tomohon masuk level 2 PPKM. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here