Banjir Landa Motongkad Utara, Tiga Rumah Warga Hanyut

85
Banjir yang melanda Desa Motongkad Utara mengakibatkan tiga rumah warga hanyut dibawa arus sungai.

ZONA BOLTIM – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Minggu (3/4), mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah.

Informasi diperoleh, Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad, menjadi daerah terparah yang dilanda banjir. Bahkan, tiga rumah warga hanyut dibawa derasnya arus sungai Lonsiou.

Selain itu, air setinggi paha orang dewasa yang menggenangi badan jalan mengakibatkan akses jalan menuju ke Ibukota Boltim, Tutuyan, tak bisa dilintasi kendaraan.

“Ini kali kedua terjadi, yang pertama itu terjadi di bulan februari dan sekarang terjadi di awal April, namun banjir kali ini sangat parah,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, Fitra Damopolii, Minggu, (3/4).

Menurutnya, hal ini diakibatkan curah hujan dengan intensitas yang tinggi hingga air sungai yang ada di desa tersebut meluap dan kemudian terjadinya banjir.

“Banjir yang terjadi pada bulan Februari lalu itu menjebol tanggul yang ada di sungai Lonsiou. Nah banjir yang terjadi pada hari ini kapasitasnya lebih besar, hingga merobohkan kurang lebih tiga rumah warga yang,” terangnya.

Ia menjelaskan, adapun ketinggian air berkisar kurang lebih 1 meter atau setinggi orang dewasa. Saat ini tim BPBD sedang melakukan upaya preventif untuk menggali dan melakukan identifikasi terkait dampak yang ditimbulkan banjir, kemudian tim sedang berkoordinasi dengan lintas sektor.

“Banjir terjadi sekira pukul 16.30 Wita tadi sore hingga malam ini, air masih menggenangi pemukiman warga dan ruas jalan sekitar, terinformasi ada rumah warga yang hanyut dan menutupi badan jalan sehingga akses menuju arah Tutuyan dan sebaliknya belum bisa di lalui,” tandasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here