Kapolres Kotamobagu Beri Kuliah Umum Sekaligus Bukber di Kampus STIE Widya Darma

153
Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi saat memberi kuliah umum di STIE Widya Dharma Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU – Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi, SIK memberikan kuliah umum di Kampus STIE Widya Darma Kotamobagu dengan tema Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Perundungan serta Narkoba dilingkungan Kampus, Kamis (6/4/2023).

Sebagaimana diketahui bahwa Kampus STIE Widya Darma Kotamobagu mempunyai Visi, misi, tujuan dan sasaran program studi manajemen yang disusun secara bersama-sama dengan melibatkan segenap staf pengajar, pimpinan, dan stakeholder terkait dengan kurikulum dalam program studinya.

Kapolres Kotamobagu pada kesempatan ini didampingi oleh kepala Seksi Hukum IPTU I Wayan Budha dengan turut dihadiri oleh civitas akademika STIE Widya Darma Kotamobagu sejumlah sekitar 100 peserta yang hadir secara langsung.

Pada kuliah umum yang disampaikan, Kapolres Kotamobagu menjelaskan bahwa Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Perundungan serta Narkoba dilingkungan Kampus menjadi fokus perhatian tidak hanya dari pihak penegak hukum namun juga oleh pihak Kampus.

“Hal ini untuk memastikan terjaganya hak warga negara atas pendidikan, melalui pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, perundungan serta Narkoba di lingkungan pendidikan tinggi”, jelas Kapolres.

“Adanya kesadaran untuk mencegah perilaku menyimpang ini sebagai langkah awal untuk menanggapi keresahan mahasiswa, dosen, pimpinan perguruan tinggi, dan masyarakat tentang meningkatnya kasus kekerasan seksual yang akhir-akhir ini marak diberitakan,” sambungnya.

Menurut Kapolres, adanya langkah-langkah pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, perundungan serta Narkoba dilingkungan Kampus dapat menghindarkan dampak buruk terhadap civitas akademika.

“Dengan telah ditetapkan serta terbitnya Permen Dikbudristek Nomor 30 Tahun 2021, maka secara yuridis pihak perguruan tinggi dapat melakukan langkah-langkah legal menindak pelaku kekerasan seksual”, pungkas Dasveri.

Diakhir sambutannya, Kapolres Kotamobagu berpesan agar Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan studi dengan sebaik-baiknya, dengan harapan nantinya dapat menjadi calon penerus bangsa yang berkompeten.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Ketua STIE dan Ketua Jurusan dengan Kapolres Kotamobagu. Dilanjutkan ceramah Kultum oleh Al Ustadz Hi. Musaif Lakoda sambil menunggu waktu buka puasa bersama dengan civitas akademika STIE Widya Darma Kotamobagu.

Ketua STIE Widya Darma Kotamobagu Hi. Saldin Paputungan, S.Sos, ME sekaligus mewakili civitas akademika Ketua STIE Widya Darma Kotamobagu mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Kotamobagu yang sudah berkenan hadir dan memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa, sehingga dapat menjadi modal utama dalam rangka turut serta membangun bangsa dan negara. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here