Pimpin Peringatan Hardiknas, Hari Otda dan Hari Kartini, Ini Pesan Wali Kota Tatong Bara

161
Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara.

ZONA KOTAMOBAGU —Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27 Tahun, dan peringatan Hari Kartini ke-144 Tahun, dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, Selasa (2/5/2023).

Pada Peringatan Hardiknas, Wali Kota yang membacakan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa, sebanyak 24 Episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa semakin dekat dengan Cita – cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu Pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi – tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Anak – anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan Pendidikan,” ujar Wali Kota Kotamobagu.

Dikatakannya lagi, Hari Pendidikan Nasional Tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.

“Dengan merefleksikan hal – hal yang telah kita lakukan sepanjang Tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar. layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini,” ujarnya.

Sementara itu, pada peringatan Hari Otda ke – 27 Tahun, Wali Kota menyampaikan bahwa, tujuan dilaksanakannya Otonomi Daerah sejatinya untuk memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah menjadi Momentum yang penting bagi kita semua untuk merefleksikan betapa pentingnya peran daerah dalam membangun Bangsa dan Negara, sebagaimana yang menjadi Tema dari pelaksanaan peringatan Hari Otonomi Daerah ke – 27 Tahun, yakni Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul,” Ujar Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga meminta agar peringatan Hari Kartini ke – 144 Tahun, dapat dijadikan sebagai momentum untuk bangkit serta mengambil peran untuk menyukseskan kegiatan pembangunan di daerah ini.

“Perlu saya ingatkan kepada kita semua bahwa, perempuan merupakan tokoh sentral, yang memiliki kemampuan dalam membentuk karakter bangsa. dan kemampuan inilah pula, yang kemudian mendasari raden ajeng kartini dalam memperjuangkan hak – hak perempuan, sehingga akhirnya, mampu untuk memberikan berbagai perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat,” ujar Wali Kota.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Aruman Kelurahan Motoboi Kecil tersebut, juga dihadiri Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, Para Asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, jajaran pengurus PGRI Kota Kotamobagu, para pengurus Organisasi Wanita di Kota Kotamobagu, serta para Guru dan ASN dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here