Akses Jalan Masih Tertutup, Bupati Boltim Salurkan Bantuan Darurat bagi Warga Jiko Belanga

135

ZONA BOLTIM – Setelah bencana tanah longsor beberapa waktu lalu, akses jalan menuju Desa Jiko Belanga, Kecamatan Nuangan, masih mengalami kesulitan bagi kendaraan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengambil tindakan dengan menyalurkan bantuan dari Bupati Sam Sachrul Mamonto kepada warga, guna mengatasi kekurangan pasokan bahan pokok di Jiko Belanga pada Sabtu (29/07/2023).

Kendaraan yang membawa bantuan tidak dapat melintasi ruas jalan yang terputus akibat longsor. Oleh karena itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Sonny Warokka, P.hd, menyerahkan bantuan tersebut kepada Pemerintah Desa dan masyarakat setempat di lokasi bencana. Warga kemudian membantu memindahkan bantuan ke kendaraan di seberang jalan yang terputus untuk selanjutnya dibawa ke Desa Jiko Belanga.

“Tujuan dari bantuan ini adalah untuk memberikan penanganan darurat agar pasokan bahan pokok terpenuhi bagi warga,” ujar Warokka saat memberikan briefing kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lokasi longsor.

Warokka juga menekankan bahwa ada dua hal yang harus segera dilakukan, yakni penyaluran bantuan bahan pokok dan pemulihan akses transportasi secepat mungkin.

“Aspek pangan bagi warga sudah terpenuhi melalui bantuan ini, yang mencukupi selama tujuh hari ke depan. Namun, yang harus segera dikerjakan adalah pembukaan kembali akses jalan yang terputus dan tertimbun. Transportasi yang membawa kebutuhan warga harus bisa dilewati lagi. Pekerjaan ini harus dituntaskan dengan segera, karena berpengaruh pada distribusi pangan. Paling lambat hari Senin, pekerjaan ini harus sudah mulai dilakukan,” tegas Sekda kepada pimpinan OPD.

Sangadi Jiko Belanga, Serpi Matuak, S.Pd, mengucapkan terima kasih atas penyaluran bantuan dari Bupati untuk kebutuhan masyarakat di Jiko Belanga.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati atas bantuan yang telah diserahkan. Bantuan ini akan segera kami distribusikan kepada warga yang memang sangat membutuhkan. Di Jiko Belanga terdapat 320 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah total 966 jiwa yang memerlukan bantuan bahan pokok,” kata Serpi.

Penyerahan bantuan juga dihadiri oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, beberapa pimpinan OPD dan staf, Camat Nuangan beserta jajarannya, Kapolsek Nuangan dan jajaran, serta beberapa tokoh masyarakat dari Kecamatan Nuangan. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here