Pemkot Mulai Lakukan Tahapan Seleksi Paskibraka

655
Pengukuhan dan pelantikan Paskibraka Kotamobagu 2016 silam

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotamobagu bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) mulai melaksanakan tahapan seleksi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Tahapan itu dengan mengunjungi setiap sekolah di tingkat SMA serta SMK yang ada di wilayah Kotamobagu.

Kepala Dispora Kotamobagu Tony Ponongoa mengatakan, perekrutan paskibraka saat ini sudah berbeda dengan tahun sebelumnya. Saat ini dilakukan dengan mengunjungi setiap sekolah yang ada.

“Dispora telah melayangkan surat di setiap sekolah untuk mempersiapkan siswa yang akan ikut seleksi secara langsung,” kata Ponongoa, Senin (20/3).

Ia menambahkan, dalam tahapan seleksi tersebut sudah ada delapan sekolah yang dikunjungi pihaknya dari sembilan belas sekolah yang ada di Kotamobagu.

“Pertama di tingkat sekolah, dan kemudian diseleksi lagi ditahap ke dua untuk mencari tiga puluh delapan anggota Paskibra yang nantinya dua pasang akan menjadi perwakilan di tingkat provinsi. Dan sisanya tiga puluh enam adalah tim terpilih Paskibra Kotamobagu,” jelas Ponongoa.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda, Maulana Lombu menambahkan, pengumuman untuk yang terpilih di tahap awal ini dengan cara menyurat ke sekolah. “Pengumumannya tidak dilakukan secara langsung, tapi diumumkan lewat surat,” kata Maulana.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar menghindari rasa kekecewan bagi para peserta yang ikut seleksi. Seleksi ini sendiri dijadwalkan selama tujuh hari, agar dalam pemilihan perwakilan dari sekolah benar-benar yang terbaik dan memenuhi syarat. “Tidak menutup kemungkinan di tahap pertama ini akan ada banyak peserta yang lolos,” pungkasnya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here