Kemenag Bolmong Gelar Rakor EMIS PD Pondok Pesantren

576

Rakor EMIS PD Pondok Pesantren Kemeng Agama Bolmong

ZONA BOLOMONG – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Rapat kordinasi (Rakor) Education Management Information Syistem (EMIS) Pendidikan Diniyah (PD) pondok pesantren dan pemuktahiran data EMIS semester genap tahun 2016/2017.

Rakor EMIS yang berlangsung di MTS Negeri 1 Lolak tersebut, dibuka Kepala Kemenag Bolmong Tavip Pakaya, Rabu (12/4). Dalam sambutannya Tavip menyampaikan, dengan ketiga kalinya rakor dibuka, pihaknya sangat berterima kasih atas kehadiran peserta.

“Rakor ini mudah-mudahan dapat memberikan yang terbaik pagi pondok pesantren. dan dapat meningkatkan keagamaan bagi masyarakat khususnya umat muslim di Bolmong,” katanya.

Lanjut Pakata, ustad dan ustazah serta guru-guru lah yang menjadi ujung tombak corak warna-warni kehidupan keagamaan di pesantren. “Didik masyarakat dengan baik agar menjadi umat muslim yang bertoleran. Semua tergantung keikhlasan semua guru untuk memberikan ilmu. Supaya anak didik menjadi ulama besar dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang ada di Bolmong ini,” ungkapnya.

Bagi Pakaya, Rakor Pondok Pesantren kali ini dianggap paling penting. “Paling penting menurut saya pribadi adalah rakor yang dilaksanakan saat ini. Karena, pondok pesantren berkaitan dengan isu nasional, yang saya lihat Islam yang menjadi sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakor EMIS Fildawati Kandoli menjelaskan. Rakor tersebut digiatkan berdasarkan Undang-Undang No. 23 tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Keputusan Menteri Agama No. 43 tahun 2002 tentang kedudukan, tugas, fungsi, susunan organisasi dan tata kerja instansi vertikal Departemen Agama sebagaiman telah diubah terakhir sebagai Keputusan Presiden No. 85 tahun 2002. Peraturan Menteri Agama no 13 tahun 2012 tentang organisasi dan tata cara instansi vertikal Kementerian Agama. Serta surat Jenderal Direktur pendidikan islam tentang pemutakhiran data EMIS semester genap tahun 2016/2017.

“Untuk itu, saya selaku ketua panitia menyampaikan selamat datang kepada peserta Rakor EMIS pada hari ini. Semoga apa yang kita laksanakan hari ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan tak lupa pula saya sampaikan, terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag yang telah berkenan membuka acara ini dengan resmi,” tutupnya.(gung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here