BKPD Kotamobagu Optimis Target Pajak 2017 Tercapai

560
Rio A. Lombone, SSTP, MH

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu, terus memaksimalkan kinerja untuk menghinpun Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu upaya yang kini tengah dilakukan BPKD, dengan intens menerjunkan tim pemburu pajak yang dibentuk sejak 2016.

BKPD sendiri, optimis target pajak yang dibebankan pada tahun ini tercapai. Jika pada tahun anggaran 2016 lalu hanya dibebankan Rp1 miliar, saat ini naik mencapai 2 miliar. “Dengan naiknya target pajak yang ada, kinerja harus lebih dimaksimal,” kata Kepala BPKD, Rio Lombone, kemarin.

Menurutnya, tugas yang gencar dilakukan tim pemburu pajak saat ini adalah mengidentifikasi sumber-sumber atau potensi pajak baru. Ia menyebutkan, sejumlah wajib pajak baru itu antaranya, empat tempat usaha spa atau refleksi. Selain itu mendapati beberapa usaha seperti restoran maupun kafe.

“Ada sembilan restoran dan kafe yang baru di Kotamobagu. Ini juga akan menjadi sumber pajak,” tuturnya.

Dengan bertambahnya jumlah tempat usaha baru seperti itu, pihaknya optimis dapat memenuhi beban target PAD. “Kita akan melakukan melakukan threatment berupa pengamatan langsung di lapangan, melakukan audit berdasarkan data yang ada pada pemburu pajak berupa foto dan video, serta penggunaan IT dalam hal ini e-Tax,” jelasnya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here