Berprestasi, Pemkot Terima Aplikasi e-Performance dari Pemerintah Pusat

600

ZONA KOTAMOBAGTU – Progaram Smart City yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu antaranya pengoperasian aplikasi e-Government, rupanya menarik perhatian Pemerintah Pusat, dalam hal ini MenPAN-RB, Asman Abnur.

Menurut Wali Kota, Ir Hj Tatong Bara, belum lama ini dirinya bertemu Menteri Asman dan menyampaikan beberapa program yang tengah dijalankan saat ini, termasuk penerapan e-Government. Program itu dinilai merupakan salah satu prestasi Pemkot Kotamobagu. Atas apresiasi tersebut, pemerintah pusat menyumbangkan aplikasi e-Performance untuk Kotamobagu.

“Untuk launcing e-Performance tingkat nasional dilaksanakan hari ini (Kemarin, red),  bertempat di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta. Namun, untuk launching e-Goverment dan e-Perfomance tingkat daerah akan dilaksanakan di Kotamobagu, rencananya pekan ini,” ungkap Tatong, kemarin.

Plt Kepala Dinas Kotamobagu, Ahmad Yani Umar menambahkan, Pemkot sudah siap untuk kegiatan tersebut, akan tetapi tetap menunggu jadwal atau kesiapan dari pemerintah pusat. “Karena banyak prestasi yang diraih dalam rangka tata kelola dan reformasi birokrasi. Kotamobagu ditunjuk untuk pemerintah pusat untuk pelaksanaan launching aplikasi tersebut. Bahkan, Menteri akan tugaskan teknisi dari KemenPAN-RB untuk memasang langsung aplikasi di Kota Kotamobagu,” tambahnya.

Diketahui, aplikasi e-Performance adalah aplikasi sistem akuntabilitas kinerja yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan kinerja unit kerja di lingkup pemerintahan. e-Performance menampilkan proses perencanaan kinerja, penganggaran kinerja, keterkaitan kegiatan/sub kegiatan dalam pencapaian target kinerja, dan monitoring serta evaluasi pencapaian kinerja dan keuangan.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here