Disparbud Kotamobagu Siapkan Konsep Desa Wisata

472
Agung Adati

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kotamobagu telah menyiapkan program andalannya yakni Desa wisata.  Menurut, Kepala Disparbud Kotamobagu, Agung Adati, konsep desa wisata yang ada di wilayahnya bisa menjadi andalan untuk mengangkat taraf hidup masyarakat.

“Sektor pariwisata bisa menjadi sektor penopang pemasukan bagi daerah dan masyarakat. Setiap daerah memiliki ciri khas atau penonjolan karakteristik alam maupun kultural dan aspek lainnya,” kata Agung.

Mantan Kepala Diskominfo Kotamobagu itu menambahkan, desa memiliki segudang potensi yang bisa diangkat menjadi komoditas, dan bisa dipoles dengan manajemen strategi yang tepat untuk menjadi desa wisata.

Antara lain akan dilihat dari keindahan alam, hasil bumi, kekayaan flora dan fauna atau hayati, sosio kultural, masyarakat, tradisi atau hal-hal yang bersifat khas yang unik yang tak dimiliki daerah lain.

“Konsep itu saya pikir akan kita rancang ke depan, salah satunya adalah pengembangan destinasi air terjun Molimpungan di Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur,” katanya.

Saat ini menurut Agung,  Detail Enginering Desain (DED) sudah ada, tinggal pembebasan lokasi. Namun lanjutnya, perangkat aturan atau regulasi harus juga disiapkan agar berjalannya aktivitas wisata beserta dampaknya tetap berada dalam koridor regulasi sebagai payung hukumnya.

“Banyak tahapan yang harus dilewati. Termasuk pelatihan bagi seluruh komponen desa, yang ada di dalamnya pemerintah desa agar bisa tahu tentang manajemen pariwisata,” katanya.

Belajar pada kesuksesan desa wisata lainnya lanjut Agung, yakni studi banding. “Banyak belajar pada keberhasilan desa wisata lain khususnya yang sejenis. Karena tipikal permasalahan dan tantangan masa depan yang bakal dihadapi kurang lebih sama,” jelasnya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here