10,5 miliar Bantuan Anak Asuh Daerah Segera Cair

424
Guntur Niu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) kembali menyalurkan bantuan program anak asuh tahun ini. Anggaran sebesar Rp10,5 miliar sudah disiapkan untuk diberikan kepada 6.742 anak dengan jenjang pendidikan SD hingga perguruan tinggi.

Penanggung jawab program anak asuh, Guntur Niu, mengatakan saat ini sedang berlangsung pembuatan rekening penerima bantuan di salah satu bank yang ditunjuk bekerja sama menyalurkan bantuan tersebut. “Sementara pembuatan rekening secara serentak. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah selesai, dan bantuannya segera disalurkan,” katanya.

Ia mengungkapkan, sebelum masuk tahap pembuatan rekening itu, pihaknya sudah terlebih dahulu mendata semua anak sekolah mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi, kemudian ditindaklanjuti dengan survey dan verifikasi lapangan. “Kita membagi empat tim. Setiap tim turun di satu kecamatan dan langsung melakukan survey dan verifikasi ke rumah masing-masing calon penerima. Mereka yang mendapatkan bantuan ini adalah yang layak menerima berdasarkan kriteria yang ditetapkan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penerima bantuan tersebut tersebar di tiap desa dan kelurahan yang ada di empat wilayah kecamatan. “Bantuan ini diberikan kepada anak-anak mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan anak asuh ini dapat membantu meringankan beban orang tua dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak,” jelasnya.

Seperti diketahui, program anak asuh daerah merupakan salah satu program unggulan Walikota Tatong Bara. Dimulai sejak 2017 lalu, sudah ada ribuan anak sekolah yang tersentuh dan merasakan manfaat bantuan tersebut. “Program anak asuh daerah ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Kotamobagu dalam meningkatkan angka rata-rata pendidikan masyarakat Kota Kotamobagu. Tahun 2013 rata-rata pendidikan hanya SMP. Di tahun 2018 kita targetkan naik menjadi SMA. Untuk mencapai itu, kita berikan bantuan lewat program ini (anak asuh daerah),” ujar walikota, beberapa waktu lalu. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here