Proses Produksi Kopi Moanok Diapresiasi Tim Kemenko Perekonomian

169
Tim Kemenko Perekonomian dan Kemendagri mengunjungi Desa Poyowa Besar II, melihat langsung proses pengolahan hingga produksi kopi moanok.

ZONA KOTAMOBAGU – Tim dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan kunjungan sekaligus meninjau lokasi perkebunan Kopi Moanok yang berada di Desa Poyowa Besar II, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Rabu (11/11) kemarin.

Dalam kunjungan itu, rombongan yang dipimpin oleh ketua tim yakni Kepala Bidang Prasarana Pangan dan Agrobisnis Kemenko Perekonomian, Tony Naingolan, untuk melihat langsung proses pembuatan dari awal sampai pengemasan kopi dengan cita rasa arabika itu di lahan milik Rudi Mokodompit selaku petani dan peracik Kopi Moanok tersebut.

“Tim ini datang untuk mencari data korporatisasi petani di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Kotamobagu salah satunya. Disini, ditemukan kalau awalnya tanaman kopi yang tidak bisa tumbuh di dataran rendah, justru bisa diproduksi di perkebunan Mogoluyun ini,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu, Adnan Massinae.

Sementara itu, Tony Nainggola selaku Kepala Bidang Prasarana Pangan dan Agrobisnis Kemenko Perekonomian, mengatakan kalau sejumlah harapan yang menjadi keinginan mereka, ternyata telah ditemukan dalam diri Rudi Mokodompit, yang telah berhasil menanam, mengolah, sampai memproduksi kopi moanok. “Beliau (Rudi Mokodompit) mampu mengelola dengan maksimal potensi yang ada di lingkungannya. Dimana, dirinya menjadi pelaku metode dari hulu sampai hilir atas penanaman, pengolahan hingga produksi kopi, yang telah ditiru oleh petani yang lain,” imbuhnya.

Diketahui tim dari dua kementerian tersebut, terdiri dari Kepala Bidang Prasarana Pangan dan Agrobisnis Kemenko Perekonomian, Tony Naingolan, Kepala Sub Bidang Kebijakan Pembiayaan Kelembagaan Kemenko Perekonomian, Kunto Nugroho selaku anggota, dan Peneliti Madya Badan Penelitian dan Pengembangan atau Litbang Kementerian Dalam Negeri, Herry Saksono selaku anggota tim.

Kunjungan dari dua tim kementerian ke perkebunan kopi Moanok itu, turut didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan informatika, Fahri Damopoli SKom ME, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Ketahanan Pangan Kotamobagu, Camat Kotamobagu Selatan, bersama Sangadi Desa Poyowa Besar I, dan Sangadi Poyowa Besar II. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here