RSUD Kotamobagu Segera Miliki Unit Transfusi Darah

269
Rumah Sakit Umum Daerah Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, dalam waktu dekat akan memiliki Bank Darah, dengan tujuan untuk memudahkan pasien melakukan donor dan transfusi darah.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Administrasi Umum RSUD Kotamobagu, Tofan Simbala mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengupayakan Bank Darah ditingkatkan ke level Unit Transfusi Darah (UTD).

“Hal ini agar pelayanan tidak lagi harus dilakukan di Palang Merah Indonesia (PMI) untuk tranfusi darah,” katanya.

Lanjutnya, kehadiran Bank Darah di RSUD Kotamobagu guna memudahkan pasien mendapatkan darah. Selain itu dengan hadirnya UTD tersebut, juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kotamobagu. “Ada beberapa tahapan dan administrasi untuk memenuhi syarat sebagai UTD,” kata Tofan.

Hingga saat ini, terangnya, sudah pada tahap proses dan itu terus digenjot. Targetnya selesai hingga akhir tahun ini. “Sejauh ini sudah mencapai 60-70 persen progresnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, bank darah yang sudah dibangun beberapa tahun lalu oleh RSUD Kotamobagu belum bisa melayani transfusi darah atau pengambilan darah secara langsung, namun hanya bisa menyimpan darah. Sehingga itu untuk transfusi darah selama ini masih dilakukan di PMI. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here