Pangdam XIII/ Merdeka Sebut Suburnya Tanah Boltim Dapat Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

307
Pangdam XIII/Merdeka Mayjend TNI Alfred Denny Tuejeh saat melihat keindahan alam Boltim dari ruangan kerja Bupati Sam Sachrul Mamonto.

ZONA BOLTIM– Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, menerima kunjungan Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh, bertempat di rumah dinas bupati, Kamis (31/3) pagi.

Ditemui awak media, Pangdam XIII/Merdeka mengatakan, bahwa kunjungannya kali ini dalam rangka silaturahmi sekaligus melihat wilayah teritorial.

“Saya datang ke sini untuk tindaklanjut kerjasama dengan bupati, terkait pemberdayaan lahan yang mungkin tidak digunakan, untuk kita berdayakan bersama masyarakat untuk bertani. Saya harap lahan untuk ketahanan pangan ini bisa digunakan dengan baik,” ujar Pangdam.

Menurutnya, sudah menjadi tugas TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19, salah satunya dengan menjaga ketahanan pangan.

“Tugas kami Kodam, Korem hingga Kodim mendorong masyarakat untuk bertani sesuai dengan harapan bapak Kasad kepada kami para Pangdam untuk membantu pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Saya harap ini akan jadi bagian dari prioritas yang sekarang sedang gencarnya dicanangkan,” ujarnya.

Jenderal bintang dua ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk bekerjasama dalam upaya meningkatkan ekonomi di wilayah Kabupaten Boltim.

“Mudah-mudahan kita bisa bekerjasama untuk meningkatkan ekonomi di daerah ini. Tanah Boltim sangat subur, tadi diperjalanan dari Kotamobagu saya lihat lahan perkebunannya sangat bagus, tapi di sisi lain masih banyak lahan yang tidak digunakan. Kalau kita bisa mewujudkan ketahanan pangan, maka ini akan menjadi ketahanan wilayah dan ketahanan nasional yang memang menjadi tugas pokok Kodam. Untuk itu kami butuh dukungan masyarakat di daerah ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pangdam yang didampingi para Perwira Kodam XIII/Merdeka serta Dandim 1303 Bolmong bersama jajaran, juga meninjau lokasi di Desa Motongkad yang dijadikan sebagai lahan Ketahanan Pangan di wilayah Boltim.

Turut dalam penjemputan, Sekda Boltim, para Asisten serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Boltim.(*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here