Buka Seminar Budaya, ini Pesan Bupati Boltim untuk Generasi Muda

136

ZONA BOLTIM– Bupati Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si, secara resmi membuka kegiatan Seminar Budaya, bertempat di Aula Kantor Bupati Boltim, Kamis (7/7).

Seminar yang diinisiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Karang Taruna bekerjasama dengan Pemkab Boltim ini mengusung tema “Deskripsi Perjalanan Bogani Inde Dou dan Tadohe ke wilayah Timur Totabuan”.

Lewat sambutannya, Sachrul menyampaikan akan mengangkat budaya Bolaang Mongondow khususnya Bolaang Mongondow Timur.

“Budaya merupakan salah satu hal yang sangat bernilai besar. Sehingga generasi muda dituntut untuk tidak melupakan nilai-nilai sejarah daerah hingga bangsa ditengah tekanan perubahan zaman yang semakin modern,” kata Sachrul.

Sachrul menilai, saat ini makin sedikit generasi muda menulis kisah atau cerita tentang sejarah dan budaya. Untuk itu ia pun berharap, melalui kegiatan yang digelar hari ini, akan menjadi titik balik bangkitnya generasi muda penulis kisah atau cerita tentang sejarah dan budaya.

“Nah lewat seminar ini, kita coba memulai dan mengangkat sejarah dan budaya,” harapnya.

Masih kata Sachrul, budaya dapat mengangkat harkat dan martabat sebagai sebuah bangsa. Ia pun mencontohkan Bali yang dikenal dunia karena kekayaan budaya dan adat istiadat.

“Dengan sejarah dan budaya kita bisa dipersatukan. Tujuannya adalah semata-mata untuk kepentingan Bolaang Mongondow Raya kedepan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekda Sonny Warokka, Chairun Mokoginta bersama Umaruddin Mokodongan selaku narasumber, unsur Forkopimda, para Asisten, pimpinan OPD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here