Distankan Kotamobagu Ambil Langkah Strategis Penuhi Kebutuhan Pupuk bagi Petani

255
Fenty Dilasandi Mifta.

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kotamobagu terus melakukan berbagai upaya agar bisa memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Distankan Kotamobagu, Fenty Dilasandi Mifta.

Menurutnya, untuk kebutuhan pupuk bersubsidi pihaknya telah memasukkan di E-RDKK sesuai kebutuhan. Dimana 513 kelompok tani yang tercatat saat ini semua sudah diajukan pihaknya.

“Namun kembali lagi alokasi yang diberikan pemerintah pusat tidak sesuai kebutuhan yang diajukan. Kita hanya diberikan sekitar 20 persen dari kebutuhan,” ujar Fenti.

Dirinya juga menambahkan bahwa pihak Distankan terus melakukan berbagai upaya agar bisa memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani di Kotamobagu, salah satunya dengan mengambil langkah strategis agar mendapatkan realokasi pupuk bersubsidi.

“Realisasi kita percepat supaya pada saat selesai, daerah yang tidak terserap alokasinya pasti akan direalokasikan ke daerah yang realisasinya lebih cepat, jadi kita ada ketambahan pada saat akhir,” jelasnya.

Fenti juga mengatakan bahwa pihaknya juga meminta Penyuluh Pertanian untuk memberikan edukasi bagi para petani agar membentuk Kelompok Tani (Poktan) dengan tujuan para petani yang awalnya hanya bertani secara mandiri bisa mendapatkan bantuan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

“Sesuai informasi, saat ini kita mendapat realokasi ketambahan kuota pupuk bersubsidi. Namun demikian, pupuk bersubsidi yang tersedia hanya jenis Urea dan NPK dari sebelumnya ada ZA, pupuk organik cair dan sebagainya,” pungkasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here