Besok, Bupati Sachrul Dianugerahi Gelar Adat Kanjeng Raden Emas Tumenggung oleh Keraton Surakarta

167
Bupati Sam Sachrul Mamonto saat festival budaya jawa tahun 2022.

ZONA BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, Rabu (15/2/2023) besok, akan dianugerahi gelar adat Kanjeng Raden Emas Tumenggung oleh Keraton Surakarta Hadiningrat.

Penganugerahan gelar adat tersebut, dikarenakan Kabupaten Boltim telah sukses menggelar berbagai festival budaya, salah satunya Festival budaya Jawa (Java Fest) dan hal itu mendapat perhatian dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

“Pada tanggal 15 nanti saya diundang oleh Keraton Surakarta Hadiningrat untuk diberikan gelar adat. Gelar adatnya Kanjeng Raden Emas Tumenggung, itu mereka berikan karena saya melaksanakan Festival Jawa dan keraton melihat bahwa salah satu daerah yang begitu menghargai adat Jawa adalah Bolaang Mongondow Timur. Maka saya diundang langsung oleh pihak Keraton Surakarta untuk diberikan gelar adat sekaligus menjadi kerabat kekratonan Yogyakarta,” kata bupati dalam sambutannya saat meresmikan Rumah Dinas Bupati Boltim belum lama ini.

Pada kesempatan itu juga bupati mengungkapkan, bahwa penganugerahan tersebut bukan hanya untuk dirinya sendiri melainkan milik masyarakat Boltim.

“Ini adalah prestasi kita semua, terima kasih kepada masyarakat Bolaang Mongondow Timur yang telah membantu saya dalam melaksanakan festival-festival budaya di Bolaang Mongondow Timur,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Sachrul juga telah dianugerahi gelar adat Kolano ki Sinungkudan Tule Molantud In Ta Mokotareangkum (Yang Serba Bisa) oleh Dewan Adat se- Bolaang Mongondow Raya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here