Wali Kota Tatong Bara Irup Upacara HUT ke-16 Kota Kotamobagu

31
Wali Kota Tatong Bara membacakan sambutan pada peringatan HUT Ke-16 Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU —Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada kegiatan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 16 Kota Kotamobagu, yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke – 155 Tahun, Selasa (23/5/2023).

Kegiatan Upacara peringatan HUT ke – 16 Kota Kotamobagu tersebut, diawali dengan pembacaan sejarah singkat Kota Kotamobagu oleh Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Meiddy Makalalag, S.T, dimana Kota Kotamobagu dibentuk berdasarkan Undang – undang Nomor 4 Tahun 2007 pada tentang pembentukan Kota Kotamobagu di Provinsi Sulawesi Utara, pada Tanggal 23 Mei Tahun 2007.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa, selain ungkapan rasa syukur Kehadirat Tuhan yang maha kuasa, Allah SWT, atas usia Kota Kotamobagu yang genap berusia 16 Tahun, upacara peringatan HUT ke – 16 Kota Kotamobagu juga momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan pendahulu dan pejuang pembentukan Kota Kotamobagu.

“Peringatan Hari Ulang Tahun ke – 16 Kota Kotamobagu pada pagi hari ini, juga hendaknya semakin memperteguh komitmen kita semua, seluruh elemen masyarakat kota kotamobagu, khususnya seluruh Aparatur Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, untuk lebih memaksimalkan peran dan tanggung jawab kita masing – masing, sebagaimana yang menjadi Tema Peringatan HUT ke – 16 Kota Kotamobagu yakni, Tingkatkan Kinerja Kota Jasa Dan Perdagangan Dengan Menjaga Budaya Lokal, demi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana yang menjadi cita – cita dan tujuan awal, dari pembentukan daerah kota kotamobagu tercinta ini,’ ujar Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan tentang berbagai pencapaian dan kemajuan Kota Kotamobagu dalam 16 Tahun terakhir.

“Berkat sinergitas yang sangat baik dari semua pihak, dalam kurun waktu 16 Tahun terakhir, Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Kotamobagu juga berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, baik itu dari pemerintah sulawesi utara, maupun pemerintah pusat, yakni diantaranya diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia sebanyak 10 (Sepuluh) kali berturut – turut, Piala Adipura, Kota Layak Anak, penghargaan Kota Peduli HAM, penghargaan Kota Sehat, penghargaan atas pengelolaan APBD, Juara 1 penanaman pohon tingkat nasional, BKN Award serta berbagai penghargaan lainnya, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,” ujar Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Kotamobagu juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Forkopimda Sulawesi Utara, pimpinan dan anggota DPRD Sulawesi Utara, pimpinan dan para anggota DPRD Kota Kotamobagu, Forkopimda Kota Kotamobagu, serta semua pihak teristimewa seluruh masyarakat Kota Kotamobagu yang terus memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Kotamobagu dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan di Kota Kotamobagu.

“Kami juga menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Ibu Dra Hj Marlina Moha Siahaan yang telah berjuang bersama seluruh komponen masyarakat, sehingga kami semua bisa berada dan mampu berdiri disini, berkat tangan dingin beliau Kota Kotamobagu lahir tanggal 23 Mei Tahun 2007, dan hari ini Bolaang Mongondow telah menjadi 5 Kabupaten / Kota, terima kasih atas seluruh kerja kerasnya pada saat itu, didampingi oleh Pak Drs. H. Jainuddin Damopolii, sehingga pemekaran Kota Kotamobagu dapat terwujud. Terima kasih kepada Bapak. Djelantik Mokodompit yang saat itu anggota DPR – RI, yang sudah berjuang bersama Dra. Hj. Marlina Moha Siahaan,” ujar Wali Kota.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga Motoboi Kecil tersebut juga dihadiri para pejabat TNI dan Polri, para pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, S.Sos M.Si, Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, S.H, Ketua dan Anggota DPRD Kota Kotamobagu, para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Mantan Bupati Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Marlina Moha Siahaan, Mantan Wali Kota Kotamobagu, Drs. H. Djelantik Mokodompit, Mantan Wakil Wali Kota Kotamobagu, Drs. Jainuddin Damopolii, Para Asisten, Pimpinan OPD, para pimpinan Instansi Vertikal, Perbankan, perguruan tinggi, pimpinan organisasi pemuda, organisasi perempuan, tokoh masyarakat, dan ASN Dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here