Bawa Alat Berat Tanpa Pengawalan Polisi, Kanit Turjawali Amankan Truk Tronton

116

ZONA KOTAMOBAGU – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kotamobagu melalui Unit Turjawali yang dipimpin Ipda Ronald Palembatas melakukan penghadangan terhadap truk tronton saat melakukan patroli rutin pada Selasa, 5 September 2023.

Ketika melakukan patroli di wilayah Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur, Ipda Ronald Palembatas dan timnya berpapasan dengan truk tronton bernomor polisi DB 8101 EK, dengan membawa alat berat, bepergian tanpa pengawalan polisi.

Tanpa ragu, mereka segera menghentikan kendaraan dan meminta dokumen yang diperlukan untuk truk tersebut sambil menanyakan arah dan tujuannya.

“Saya langsung menghentikan kendaraan karena terlihat tidak ada pengawalan polisi, jelas mengancam keselamatan jalan raya,” kata Ipda Ronald Palembatas.

Lebih lanjut, Palembatas menegaskan pihaknya tidak segan-segan menahan kendaraan yang membawa alat berat tanpa pengawalan polisi yang memadai, sesuai amanat UU Lalu Lintas no. 22 Tahun 2009.

“Saat ini truk tronton dan alat beratnya telah disita dan diamankan di Satlantas Polres Kotamobagu,” tambahnya.

Palembatas juga menghimbau para pelaku usaha yang memiliki alat berat untuk menaati peraturan yang ada. Alat berat harus dikawal untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan atau gangguan terhadap keselamatan lalu lintas.

“Saat ini pelanggaran tersebut masuk dalam Pasal 162 ayat 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang menyatakan bahwa kendaraan bermotor umum yang membawa alat berat harus dikawal oleh aparat kepolisian Republik Indonesia,” ujar Ipda Ronald, menyimpulkan.

Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK, melalui Wakapolres Kompol Arie Prakoso SIK MH, membenarkan adanya penindakan dan penahanan truk tronton yang membawa alat berat tersebut.

“Ia, saya sudah mendapat laporan dari Kanit Turjawali yang melakukan penghadangan saat patroli rutin, dan mereka mengamankan satu unit truk tronton yang membawa alat berat, yakni Stoom Walls. Saat ini truk tronton dan alat berat tersebut ditahan dan diamankan di kantor Satlantas oleh Kanit Turjawali,” kata Wakapolres Kompol Arie Prakoso. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here