Selang Januari, Enam Warga Bolmong Positif DBD

406
Julin Ester Papuling SKM ME (F: Neno/Koran Bolmong)

ZONA BOLMONG – Cuaca ekstrim awal tahun 2017 ini, rentan membuat penyakit menular Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang. Sebagaimana untuk awal Januari ini saja, sudah enam warga Bolmong positif terkena penyakit mematikan tersebut.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular, dan Kesehatan Jiwa (PD2M PTM dan Keswa) Dinas Kesehatan Bolmong, Wiyono, mengatakan, pihaknya sudah langsung melakukan fogging ke daerah yang warganya terkena penyakit DBD.

“Warga yang terkena penyakit DBD sudah dibawa ke rumah sakit (RS), yang ada di Kotamobagu. Belum ada korban jiwa, namun kami langsung melakukan fogging ke tempat tinggal mereka,” katannya.

Dirinya menambahkan, untuk 2016 silam ada 169 penderita DBD di Kabupaten Bolmong. “Dari jumlah itu ada yang meninggal dunia, yakni pada bulan Januari 2016 di Puskesmas Tadoy, seorang anak berusia 13 tahun,” jelasnya.

Menurutnya, jika dulu terkena penyakit DBD diidentifikasi karena umur, maka sekarang justru berbeda. “Waktu nyamuk mencari makanan, mulai pagi sampai pukul 10.00 Wita. Kemudian sore hari setelah pukul 16.00, nah orang-orang kemudian berada dalam rumah, saat itulah justru menjadi sasaran nyamuk. Bisa juga berlaku pada pukul 11.11 jika ruangan itu ber AC sehingga nuansanya mirip seperti pagi,” ungkapnya.

Faktor ekonomi juga, tambah Wiyono, turut menjadi penyebab penyakit ini. “Bisa juga orang yang tinggal di daerah yang menjadi tempat nyamuk mudah berkembang,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, Julin Ester Papuling SKM ME mengatakan salah satu solusinya adalah mengobati penderita agar tidak menularkannya kepada yang lain. “Lingkungan segera dikendalikan, supaya tidak mernjadi perindukan perkembangan nyamuk, serta menjaga lingkungan tetap bersih,” pungkasnya.(kb)

Berikut wilayah di Bolmong yang terkena DBD Januari 2017

Komangaan 1 orang

Werdi Agung 2 orang

Imandi 2 orang

Mopuya 1 orang.-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here