Pemkab Boltim Tekankan Pentingnya Penggunaan Kontrasepsi untuk Cegah Stunting dan Autisme

161
Asisten III Rusmin Mokoagow membacakan sambutan Bupati Sam Sachrul Mamonto pada kegiatan peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia yang digelar TP-PKK Boltim.

ZONA BOLTIM – Mewakili Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, Asisten III Bidang Administrasi Umum Rusmin Mokoagow, menghadiri peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia atau Word Contraception Day (WCD), bertempat di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes), Selasa (26/10).

Rusmin Mokoagow saat membacakan sambutan Bupati mengatakan, ditengah kondisi pandemi covid-19, Pemkab Boltim tetap berkomitmen menekankan pentingnya kontrasepsi dan mengatur jarak kehamilan guna mencegah stunting dan autisme. Pasalnya, jarak antara kehamilan dan jarak melahirkan memiliki hubungan erat dengan stunting maupun autisme.

“Jadi sudah jelas, sehabis melahirkan dan jika tidak memakai kontrasepsi lantas hamil dengan jarak kurang dari dua tahun, maka peluang terjadi stunting dan autisme cukup besar. Itulah sebabnya kontrasepsi sangat penting dalam rangka melahirkan generasi yang unggul bebas dari stunting dan autisme,” tegas Mokoagow.

Lanjut Mokoagow, angka stunting di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur saat ini berada pada angka 6,53%. Menurutnya, stunting memiliki tiga konsekuensi. Pertama adalah postur tubuhnya tidak memenuhi syarat untuk bersaing. Kedua, orang stunting intelektualnya tidak optimal sehingga untuk bersaing menjadikannya cerdas agak berat. Ketiga, orang yang stunting pada ketika sudah berumur 45 tahun keatas mudah sakit.

“Sakitnya bisa gangguan metabolisme seperti kencing manis atau gangguan kardiovaskuler seperti tekanan darah tinggi, stroke kemudian serangan jantung. Itulah orang stunting, masa kecilnya tidak bisa bersaing, masa tuanya tidak lagi produktif karena sakit,” tutup Mokoagow.

Seperti diketahui, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua TP-PKK Boltim Seska Ervina Mamonto-Budiman bersama Sekretaris Rosita Pobela, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir Tino Tandaju M Erg beserta rombongan, pengurus yayasan Kanker Sulut, Ketua PC IBI Boltim, Ketua Bhayangkari Boltim, dan seluruh Stakeholder terkait. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here