Pantai Timur Boltim, Objek Wisata yang Indah Bak Sepotong Surga di Muka Bumi

428
Pantai Timur di Desa Jiko Belanga, surga tersembunyi di Kabupaten Boltim.

ZONA BOLTIM – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), merupakan salah satu daerah yang memiliki sumber daya alam (SDA) sangat luar biasa.

Berbagai objek wisata yang ada di daerah timur Totabuan itu, sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan baik luar daerah maupun manca negara.

Salah satu destinasi wisata unggulan di Boltim yang mulai diperkenalkan oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto yakni, Pantai Timur, yang terletak di Desa Jiko Belanga, Kecamatan Nuangan.

Pantai dengan hamparan pasir putih ini memiliki pemandangan yang asri dan begitu menarik serta masih kurang tersentuh oleh tangan-tangan jahil, bak sepotong surga yang ada di muka bumi.

Pigmy seahorse atau kuda laut. Kuda laut ini cukup unik karena ukurannya kecil dan berwarna pink, dan habitatnya berada di Pantai Timur.

Pun demikian dengan keindahan bawah lautnya yang cukup eksotis dan masih terjaga. Berbagai macam terumbu karang yang dihuni oleh berbagai jenis hewan laut yang cantik serta unik dapat ditemukan di pantai Timur ini.

Untuk ke Desa Jiko Belanga sendiri, bisa menggunakan mobil ataupun kendaraan roda dua dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam dari ibu kota Kabupaten Boltim.

Dan untuk menuju ke Pantai Timur ini, para pengunjung harus menggunakan perahu nelayan dengan jarak waktu tempuh sekitar 20 menit dari desa, karena lokasi ini berada didekat ujung daratan yang menjorok ke laut yang dinamai Tanjung Flesko.

Namun, sepanjang perjalan ke Pantai Timur, para pengunjung akan disajikan panorama alam sangat indah mempesona membuat para pengunjung ketagihan untuk kembali lagi ke tempat ini.

Sekretaris Dinas Pariwisata Boltim Ivan Assa mengatakan, nama Pantai Timur sendiri diperkenalkan oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto.

“Awalnya tempat ini dinamakan Pantai Flesko oleh penduduk lokal, namun namanya diganti oleh pak Bupati menjadi Pantai Timur yang merupakan sepotong surga di ujung Boltim,” Ungkap Ivan. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here