Bupati Sachrul Minta Media Kontrol Kinerja Perangkat Daerah

238
Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto.

ZONA BOLTIM – Bupati Sam Sachrul Mamonto meminta lembaga independen seperti wartawan bersama media massa untuk ikut mongontrol jalannya roda pemerintahan, termasuk kinerja organisasi perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Menurut Sachrul, media sebagai pilar kempat demokrasi harus turut andil dalam mengontrol jalannya pemerintahan.

“Sebab fungsi pers itu perlu agar ada keberimbangan informasi dan kontrol terhadap jalannya proses pemerintahan,” ucap Sachrul saat bersua dengan sejumlah awak media di rumah dinas, Desa Modayag, Senin (21/6) baru-baru ini.

Bupati yang juga mantan jurnalis media cetak terbesar di Sulawesi Utara ini memahami bahwa media massa juga berhak memberikan kritikan atas segala kebijakan dan jalannya pemerintahan.

“Saya tidak anti kritik, sebab dengan adanya kritik berarti akan ada pertimbangan evaluasi yang harus dilakukan dalam pemerintahan, juga silahkan kritik setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada jika ada kekeliruan dalam pengambilan kebijakan atau hal lain yang terkonfirmasi keakuratannya,” ucap Sachrul.

Akan tetapi lanjut Sachrul, media juga harus mengedepankan etika jurnalistik yang ada agar dalam pemberitaan bisa sesuai dengan fakta yang ada.

“Namun saya juga meminta kerjasama dan peran media massa agar dalam proses pemberitaan harus diiringi oleh data dan fakta yang akurat sebagaimana yang terjadi di lapangan, agar etika dan kode etik jurnalistik bisa terpenuhi dalam setiap pemberitaan,” jelas Sachrul. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here