BPK Lakukan Pemeriksaan Interim Atas LKPD Pemkab Boltim Tahun 2022

237
Hardiman Pasambuna.

ZONA BOLTIM – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara mulai melakukan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun anggaran 2022.

Kepala Inspektorat Boltim, Hardiman Pasambuna SH, mengatakan, pemeriksaan interim atau pendahuluan LKPD Boltim tahun 2022 oleh BPK Perwakilan Sulut dilaksanakan selama 30 hari.

“BPK melaksanakan pemeriksaan interim/pendahuluan selama 30 hari ke depan,” kata Hardiman.

Menurutnya, pemeriksaan interim ini sudah dimulai sejak tanggal 23 Januari 2023 berdasarkan surat tugas dari BPK.

“Pemeriksaan pendahuluan LKPD 2022 sudah dimulai sejak 23 Januari kemarin,” ujarnya.

Lanjut Hardiman menjelaskan, pemeriksaan interim atau pendahuluan ini yaitu pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan daerah Pemkab Boltim tahun anggaran 2022, mulai dari pemeriksaan dokumen hingga kegiatan fisik.

“Setelah pemeriksaan interim selesai, nanti dilanjutkan pemeriksaan terinci terhadap LKPD yang telah selesai disusun dan diserahkan ke BPK,“ tuturnya.

Dirinya berharap kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat membantu selama proses pemeriksaan interim berlangsung.

“Saya berharap agar pemeriksaan laporan keuangan ini tidak mengganggu tugas-tugas dari OPD, sehingga untuk waktunya bisa diatur terlebih dulu,” harapnya.

Diketahui, tujuan dari pemeriksaan interim yaitu memantau hasil pemeriksaan tahun- tahun sebelumnya, menilai efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI) dalam penyusunan laporan keuangan dan menilai kepatuhan pada perundang-undangan.

Selain itu pemeriksaan interim juga menguji subtantif atas Kas, Belanja Modal, Persediaan, Belanja Hibah, Bansos, Aset Tetap, Pendapatan dan Piutang, serta mendukung perencanaan audit LKPD 2022. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here