Wali Kota Tatong Bara Ikuti Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak Tahun 2023

123

ZONA KOTAMOBAGU —Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, mengikuti pelaksanaan kegiatan Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023 di Kota Kotamobagu, Rabu (24/5/2023).

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dan Tim Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak (KLA) atas ditetapkannya Kota Kotamobagu sebagai salah satu Kabupaten / Kota di Indonesia pada penilaian Kota Layak Anak Tahun 2023.

“Saya atas nama pribadi, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kota Kotamobagu menyampaikan ucapan Terima Kasih yang sebesar – besarnya kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, atas ditetapkannya Kota Kotamobagu, sebagai salah satu daerah di Indonesia pada penilaian Kota Layak Anak Tahun 2023,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga menyampaikan berbagai upaya dan Inovasi yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dalam penyelenggaraan Kota Layak Anak.

“Dalam penyelenggaraan Kota Layak Anak, pemerintah daerah kota kotamobagu juga telah melaksanakan berbagai Inovasi dalam rangka untuk Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak di Kota Kotamobagu, yakni diantara, dokumen pelayanan untuk ibu dan bayi, yakni pelayanan pemberian Identitas KIA, Akte Kelahiran, dan Kartu Keluarga bagi setiap anak yang baru lahir, kemudian juga ada Pelayanan Pembinaan Pranikah Calon Pengantin di PUSPAGA yaitu pelayanan pembimbingan pranikah bagi calon pengantin di PUSPAGA dan pemberian Informasi, Konsultasi, dan Konseling pengasuhan anak,” ujar Wali Kota.

Sebagaimana diketahui berkat kerja keras Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Kotamobagu, pada Tahun 2018 dan 2019 Kota Kotamobagu berhasil memperoleh penghargaan sebagai Kota Layak Anak dengan predikat Pratama, kemudian pada Tahun 2021 meningkat dengan meraih penghargaan Kota Layak Anak dengan predikat Madya, dan pada Tahun 2022 kembali meningkat dengan berhasil meraih penghargaan Kota Layak dengan predikat Nindya.

Kegiatan Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak Tahun 2023 yang dilaksanakan secara Daring tersebut, juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, para Asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dan Forum Anak Daerah (FAD) Kota Kotamobagu. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here