Diperkuat Ketua DPRD Kotamobagu dan Bupati Bone Bolango, Laga Eksebisi Pemkot-Pemkab Berakhir Imbang

183
Aksi Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag dan Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada laga eksebisi antara kedua daerah. Foto: Sutha Holic

ZONA KOTAMOBAGU – Pertandingan eksebisi antara tim Pemkot Kotamobagu melawan tim Pemkab Bone Bolango berakhir imbang dengan skor 1-1, di lapangan Nunuk, Kelurahan Matali, Jumat (16/6/2023).

Menariknya, pertandingan eksebisi bertajuk silaturahmi antara dua pemerintah daerah tersebut, menurunkan pemain terbaiknya yakni di kubu Pemkab Bone Bolango, dipimpin langsung Bupati Hamim Pou dan SKPD-nya, sementara di tim Pemkot Kota Kotamobagu di komandani oleh Ketua DPRD Kotamobagu, Meiddy Makalalag.

Adapun di starting line up, Pemkot Kotamobagu menurunkan penjaga gawang, Kasat Pol PP Sahaya Mokoginta, barisan pertahanan; Kaban BPKD Pra Sugiarto Yunus, Kepala Dispora Marham Anas Tungkagi, Kadis Perpustakaan Ham Rumoroi dan Kabag Orpeg Andi Abasi. Lini tengah; Kadis Kominfo Moh Fahri Damopolii, Kadis Sosial Noval Manoppo, Kadis PP-KB Ahmad Yani Umar dan Camat Kotamobagu Barat Hendra Manoppo. Lini depan; Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag dan Kadis Perhubungan Usmar Mamonto.

Sejak kick off dimulai, kedua tim langsung memperlihatkan permainan dengan saling jual beli serangan. Tim Kota Kotamobagu sempat memperoleh peluang ketika Ketua DPRD Meiddy Makalalag berhasil mengecoh pemain belakang Bone Bolango. Namun peluang yang tercipta belum membuahkan gol.

Tak mau kalah dengan permainan tim Pemkot Kotamobagu yang rata-rata menurunkan kepala SKPD, Bupati Hamim Pou mencoba memperlihatkan skill-nya di atas lapangan dengan membawa si kulit bundar berputar mengelabui bek kanan Kotamobagu yang dijaga Kepala Dinas Perpustakaan Ham Rumoroi. Sontak dengan aksi Bupati Bone Bolango itu, membuat seisi stadion bergemuruh dan bertepuk tangan.

Tak berselang lama, gawang tim Pemkot Kotamobagu yang dijaga Kasat Pol PP, Sahaya Mokoginta harus kebobolan ketika salah satu penyerang tim Pemkab Bone Bolango terlepas dari kawalan pertahanan Kotamobagu. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pelatih kepala Tim Pemkot Kotamobagu, I Wayan Hendra Jaya, mengistirahatkan beberapa pemain yang sangat terkuras fisiknya. Diantaranya, Kepala Dinas Perhubungan, Usmar Mamonto, Kadis Perpustakaan Ham Rumoroi dan Camat Kotamobagu Barat, Hendra Manoppo. Adapun yang menggantikan ketiga pemain tersebut, Kabid Dispora Hendra Mokoagow dan Yani Tumbelaka serta Kasub Tapem Harfandi Tonote.

Dengan masuknya tiga pemain dikubu Pemkot Kotamobagu tersebut, membuat permainan semakin menarik. Alhasil, memasuki menit akhir tim Pemkot Kotamobagu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Berawal dari kemelut di depan gawang Bone Bolango, Yudis Mokodongan sukses menyarangkan bola di sisi kiri gawang. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-1 tetap bertahan.

Sebelumnya, pertandingan eksebisi antara tim U-23 Kotamobagu versus tim U-23 Bone Bolango juga berakhir dengan hasil imbang 0-0.

Ditemui wartawan usai pertandingan, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, mengatakan bahwa pertandingan eksebisi ini untuk mempererat tali silaturahmi antara kedua daerah.

“Ini adalah sepak bola gembira, ini adalah sepak bola silaturahim tidak perlu kita harus ngotot. Intinya silaturahim antara Pemda Bone Bolango dan Kotamobagu selalu terjaga. Diplomasi sepak bola sangat bagus karena ini olah raga rakyat dan sejenak melupakan ketegangan-ketegangan politik dan lain sebagaianya,” ucap Hamim Pou.

Sementara Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, mengungkapan bahwa kunjungan Pemkab Bone Bolango ke Kota Kotamobagu merupakan kunjungan balasan setelah pada Februari 2023, Pemkot Kotamobagu melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bone Bolango.

“Saya dan seluruh jajaran ke Bone Bolango dan banyak hal yang kami pelajari di sana dan kemudian hari ini mendapat kunjungan balasan dari Pemda Bone Bolango yakni Bupati dan seluruh jajaran,” kata Tatong Bara.

Selain kunjungan untuk saling memberikan informasi capaian masing-masing daerah, lanjut Wali Kota, tentu diikuti juga dengan silaturahmi yang lebih erat yaitu eksebisi untuk kelompok Umur 23 tahun dan eksebisi antar pimpinan OPD.

“Ini membangun silaturahmi dan membangun hubungan yang lebih terbuka, sehingga apa yang kita dapatkan dari kegiatan ini bisa melahirkan satu kerjasama. Terima kasih kepada pak bupati dan seluruh jajaran yang sudah berkunjung ke Kota Kotamobagu,” ujar wali kota. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here