170 Bakal Calon Legislatif Dinyatakan MS, KPU Boltim Serahkan BA Hasil Akhir Vermin

155

ZONA BOLTIM – KPU Boltim telah menyerahkan Berita Acara (BA) hasil akhir verifikasi administrasi (Vermin) dokumen persyaratan bakal calon (Bacalon) kepada Partai Politik peserta Pemilu 2024.

Acara tersebut berlangsung di Kantor KPU, Desa Tombolikat, dan dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta pengurus/Liasion Officer (LO) masing-masing Parpol, Jumat 4 Agustus 2023.

Ketua KPU Boltim, Rusmin Mamonto, mengatakan bahwa BA yang diserahkan berisi hasil verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon yang telah dilakukan pada periode 15 Mei hingga 23 Juni 2023, serta verifikasi administrasi perbaikan dokumen persyaratan bakal calon yang berlangsung dari 10 sampai 31 Juli 2023.

Rusmin menjelaskan bahwa sebanyak 14 parpol telah mengajukan bakal calon legislatif ke KPU pada tahap pengajuan 1 hingga 14 Mei 2023, dengan total 255 bakal calon. Dari jumlah tersebut, hanya 12 parpol yang mengajukan perbaikan dokumen persyaratan dengan total 215 bakal calon.

“Setelah verifikasi tahap perbaikan, sebanyak 170 bakal calon dinyatakan memenuhi syarat (MS), sementara 47 dokumen bakal calon dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” jelas Rusmin.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nugroho Lasabuda, menyampaikan bahwa setelah penyerahan BA hasil akhir verifikasi, tahap selanjutnya adalah penyusunan rancangan Daftar Calon Sementara (DCS). Pencermatan rancangan DCS akan dilakukan pada tanggal 6 hingga 11 Agustus 2023, dan dilanjutkan dengan penyusunan dan penetapan DCS dari tanggal 12 hingga 18 Agustus 2023.

“Pengumuman DCS akan berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Agustus 2023, diikuti dengan tanggapan dan masukan masyarakat atas DCS yang diumumkan dari tanggal 19 hingga 28 Agustus 2023,” terangnya.

Sementara, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Ad’chilni Abukasim, menegaskan bahwa penyerahan hasil akhir verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon bukanlah akhir dari rangkaian kegiatan pencalonan.

“Proses berikutnya termasuk tahap penyusunan rancangan DCS, pengumuman DCS, serta tanggapan masyarakat atas DCS yang akan berlangsung hingga tahap penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada bulan November mendatang,” pungkasnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here