Kapolres Boltim Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Samrat 2023

147

ZONA BOLTIM – Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kewilayahan ‘ZEBRA SAMRAT’ 2023, yang berlangsung di lapangan Apel Mako Polres, Senin, 4 September 2023.

Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Boltim AKBP. Sugeng Setyo Budhi, S.I.K, M.Tr.Opsla, dan diikuti oleh gabungan personel Polres Boltim, TNI, serta instansi terkait lainnya. Para PJU Polres Boltim dan pejabat terkait dari TNI, Pemda, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, dan Satpol PP Kabupaten Boltim turut hadir.

Dalam amanat Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Setyo Budyanto, SH M.H., yang dibacakan oleh Kapolres Boltim, AKBP Sugeng Setyo Budhi, S.I.K, M.Tr.Opsla, ditekankan bahwa gelar pasukan ini adalah langkah penting untuk memastikan kesiapan Polri, instansi terkait, dan masyarakat sebelum dilibatkan dalam operasi di lapangan.

Operasi Zebra Samrat tahun ini juga bersamaan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024, yang saat ini berada pada tahap pencalonan DPD dan DPR serta DPRD.

“Oleh karena itu, kekuatan TNI, Polri, Pemda, instansi terkait, dan stakeholder lainnya telah disiapkan untuk menjaga keamanan selama proses demokrasi berlangsung,” ujar Kapolres.

Kapolres Boltim juga menyampaikan bahwa angka kecelakaan lalu lintas belakangan ini mengalami penurunan signifikan sebesar 9,2%, dengan penurunan 20% dalam jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan.

Untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024, Polri beserta TNI, instansi terkait, dan masyarakat lainnya menggelar Operasi Zebra Samrat – 2023.

“Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 4 hingga 17 September 2023, dengan fokus pada bidang lalu lintas dan menekankan kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum yang proporsional. Tujuannya adalah agar masyarakat lebih tertib di jalan raya, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, serta mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan,” terang Kapolres.

Kapolres Bolaang Mongondow Timur, AKBP Sugeng Setyo Budhi, S.I.K, M.Tr.Opsla, berharap operasi ini juga akan menjadi sosialisasi dan literasi kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Mengakhiri amanatnya, Kapolres Boltim Timur menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan Apel Gelar Pasukan ini.

“Dengan harapan bahwa pengabdian mereka menjadi nilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” tutup Kapolres. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here