Petugas Damkar Selamatkan Rumah Warga dari Kebakaran

0
215

Petugas Damkar Selamatkan Rumah Warga dari Kebakaran Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakan api yang melahap dapur rumah milik Gerald Walelang (53), warga Sampana, Kelurahan Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Barat. Dengan dua unit armada pemadam kebakaran, petugas damkar hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk memadamkan kobaran api.

“Setelah mendapatkan informasi dari grup WA, tim gabungan Satpol PP dan Damkar langsung turun ke lokasi dengan dua unit armada pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan 10 menit kemudian,” kata Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Dolly Dzlhadji.

Diterangkannya, sumber api yang nyaris menghanguskan seisi rumah permanen itu berasal dari arus pendek listrik. “Tidak ada korban jiwa, kemudian untuk korban materil berkisar satu juta,” terangnya.

Disisi lain, ia mengimbau warga untuk selalu waspada dengan ancaman bencana kebakaran yang diakibatkan arus pendek listrik. Bahkan ia menyarankan agar warga senantiasa memeriksa kabel atau aliran listrik di rumah masing-masing. Katanya, kasus kebakaran yang terjadi di Kota Kotamobagu paling banyak disebabkan oleh arus pendek listrik.

“Sebaiknya menggunakan kabel listrik yang memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia). Sebab dari identifikasi yang kami lakukan, rata-rata kasus kebakaran akibat korsleting listrik,” imbaunya.

Selain itu, ia juga meminta semua masyarakat untuk segera menginformasikan jika terjadi kebakaran di lingkungan masing-masing. “Segera diinfokan. Makin cepat diinformasikan, makin cepat juga ditangani,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here