DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Pergantian Wakil Ketua

352
Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling foto bersama dengan Bupati Bolmong, unsur Forkopimda serta wakil ketua DPRD yang baru diambil sumpah.

ZONA BOLMONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar sidang paripurna pengucapan sumpah dan janji Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024, kepada Sulhan Manggabarani sebagai Wakil Ketua DPRD menggantikan kursi yang ditinggalkan almarhum Abdul Kadir Mangkat.

Kegiatan yang digelar di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Bolmong, Senin (18/10), dipimpin langsung Ketua DPRD Welty Komaling, dihadiri wakil ketua dan anggota DPRD lainnya. Turut hadir Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, unsur Forkopimda, para asisten, pimpinan OPD serta tamu undangan. Rapat paripurna berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun pengangkatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Utara Nomor 308 tahun 2021 tertanggal 29 September 2021 yang menyebutkan, mengangkat PAW atas nama Sulhan Manggabarani sebagai Wakil Ketua DPRD Bolmong, sisa masa jabatan 2019-2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji tersebut dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu YM Andri Sufari SH M Hum. Disaksikan langsung Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersama jajaran Pemkab Bolmong, unsur Forkopimda Bolmong, anggota DPRD Bolmong, serta tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling menyampaikan, sebagaimana diamanatkan dalam peraturan pemerintah Nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, Pasal 42 ayat (1): Masa jabatan pimpinan DPRD terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah janji pimpinan dan berakhir bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan keanggotaan DPRD.

Selanjutnya, pimpinan DPRD berhenti dari masa jabatannya sebelum berakhir masa jabatannya, karena meninggal dunia sebagai pimpinan DPRD. Dan apabila yang bersangkutan diusulkan oleh partai politiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan demikian, Sulhan Manggabarani dari Partai Golkar telah memenuhi syarat untuk diresmikan sebagai Wakil Ketua DPRD Bolmong pada sisa masa jabatan 2019-2024,” kata Welty.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat bertugas dan berkarya kepada Wakil Ketua DPRD yang baru dilantik.

Yasti berharap, disisa masa jabatan dari tahun 2021 sampai 2024 nanti, akan menjadi waktu yang indah serta menjadi waktu yang benar-benar memberikan manfaat besar kepada masyarakat di Kabupaten Bolmong.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Almarhum Adul Kadir Mangkat Wakil Ketua DPRD Bolmong sebelumnya. Beliau telah memberikan sumbangsih pikiran, tenaga serta jasa dan pengabdian, selama empat periode menjadi wakil rakyat di Kabupaten Bolmong,” ucap Bupati.

“Semoga jasa serta pengabdian yang telah almarhum berikan kepada daerah ini, akan dicatat yang maha kuasa sebagai amal ibadah. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran dan keikhlasan oleh Allah SWT. Tuhan yang maha kuasa,” ucap Yasti lagi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bolmong yang baru dilantik, Sulhan Manggabarani, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bolmong yang ikut turut membantu, sehingga pelantikan dan pengambilan sumpah janji terlaksana dengan baik dan lancar.

“Tak lupa juga teman – teman, maupun pimpinan dan anggota DPRD Bolmong. Terutama Ketua Komisi III Sutarsi Mokodompit, dan anggota Supandri Damogalad, Febrianto Tangahu, Muhammad Syahruddin Mokoagow serta kawan – kawan Ormas maupun LSM. Bahkan DPD Partai Golkar Bolmong yang telah memberikan support dan dukungan kepada saya,” tuturnya.

Sulhan juga mengungkapkan, akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh partai ini sebaik mungkin. “Semoga amanah dan kepercayaan pimpinan partai Golkar yang diberikan kepada saya, dapat bermanfaat bagi masyarakat, daerah dan negara,” pungkasnya. (Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here