Dinkes Kotamobagu Gencar Sosialisasikan Manfaat Vaksinasi Bagi Anak

298
Dinas Kesehatan Kotamobagu turun lapangan sosialisasi manfaat vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

ZONA KOTAMOBAGU — Percepatan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat terus digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot Kotamobagu) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). Termasuk pelayanan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di wilayah setempat.

Dalam pelaksanaan vaksinasi anak ini, para Kepala Sekolah diminta untuk menyiapkan surat persetujuan yang sudah ditandatangani orang tua siswa serta melakukan pendampingan pada saat pelaksanaan pemberian vaksin.

Pasca dilaunching, pelaksanaan vaksinasi anak untuk usia 6-11 tahun di Kota Kotamobagu, saat ini terus disosialisasikan pihak dinas kesehatan.

“Ayo ajak dan dampingi anak kita untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 di sekolah. Jangan takut dan ragu untuk divaksin. Vaksin aman, halal dan sehat bermanfaat,” demikian kutipan ajakan yang dipublikasikan petugas kesehatan lewat pengeras suara.

Lewat sosialisasi ini, petugas kesehatan Puskesmas juga mempublikasikan hal-hal yang diwajibkan bagi anak sebelum dan sesudah mendapatkan vaksinasi. Diantaranya, sarapan pagi, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, memakai masker dengan benar dengan menutup hidung dan mulut, menghindari kerumunan serta tidak bepergian bila tidak penting.

Pun halnya dengan tujuan vaksinasi pada anak itu sendiri, juga turut dipublikasikan secara mobile masing-masing Puskesmas di wilayah kerjanya. Adapun tujuan atau manfaat vaksinasi bagi anak itu meliputi; mencegah sakit berat pada anak yang terinfeksi Covid-19, Mencegah Penularan Covid-19 pada anggota keluarga dan saudara, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, meminimalisasi penularan Covid-19 di sekolah atau satuan pendidikan serta mempercepat tercapainya Herd Population. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here