Puluhan Siswa Bolos Sekolah Terjaring Patroli Gabungan, Wakapolres Kotamobagu Beri Edukasi

134
Wakapolres Kotamobagu, Kompol Arie Prakoso memberi edukasi kepada para pelajar bolos sekolah.

ZONA KOTAMOBAGU – Pada Kamis (31/8/2023), puluhan siswa di Kotamobagu terjaring dalam razia gabungan yang melibatkan Polres Kotamobagu, Kodim 1303 Bolmong, dan instansi terkait lainnya.

Razia ini dilakukan untuk mengawasi dan mengendalikan perilaku siswa yang berkeliaran di luar jam belajar sekolah.

Tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP serta Dinas Pendidikan Kotamobagu melakukan patroli dan memeriksa lokasi-lokasi yang sering dijadikan tempat berkumpul oleh siswa selama jam pelajaran berlangsung.

Hasil patroli gabungan ini, sebanyak 41 siswa dari berbagai SMA, SMK, dan SMP di wilayah Kotamobagu ditemukan berada di luar sekolah. Dua di antaranya adalah siswi SMA.

Para siswa ini kemudian diamankan dan dibawa ke Mapolres untuk proses pendataan dan pembinaan lebih lanjut.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengawasan dan penanggulangan kekerasan yang melibatkan siswa, seperti tawuran antar sekolah.

Upaya ini sebelumnya telah disepakati dalam rapat koordinasi antar instansi terkait pada Rabu (30/8/2023) di Polres Kotamobagu.

Sementara Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi SIK, melalui Wakapolres Kompol Arie Prakoso SIK, memberikan imbauan kepada para pelajar untuk tidak bolos sekolah saat jam belajar.

Imbauan ini diberikan dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran pelajar terhadap pentingnya kehadiran mereka di sekolah.

Kompol Arie Prakoso menekankan pentingnya pendidikan dalam membentuk masa depan yang lebih baik.

“Pendidikan adalah kunci kesuksesan masa depan. Pelajar harus memanfaatkan waktu belajar dengan baik dan tidak menghindari sekolah tanpa alasan yang jelas,” kata Wakapolres.

Wakapolres juga menyoroti dampak negatif dari bolos sekolah, seperti penurunan prestasi akademik, peluang kerja yang terbatas, dan masalah disiplin.

Perwira Lulusan Akpol Tahun 2008 ini menegaskan, bahwa Kepolisian bersama-sama dengan pihak sekolah akan meningkatkan patroli di sekitar area sekolah untuk memastikan keamanan dan kehadiran pelajar.

Kompol Arie Prakoso juga mengajak orang tua dan wali murid untuk turut berperan aktif dalam memastikan anak-anak mereka hadir di sekolah sesuai jadwal.

“Kami berharap para orang tua dapat memberikan dukungan dan pemahaman kepada anak-anak mereka tentang pentingnya pendidikan,” tambahnya.

Imbauan dari Wakapolres Kotamobagu ini disambut positif oleh sejumlah pihak dan masyarakat.

Mereka berharap imbauan ini dapat memotivasi para pelajar untuk lebih menghargai peluang pendidikan yang mereka miliki. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here